7 Sebab Mengapa Dana Darurat Tetap Harus Dimiliki Walau Kita Sudah Memiliki Asuransi dan BPJS

yangpunya March 19, 2018 0

Seseorang seringkali mengabaikan pentingnya dana darurat, dan menganggap bahwa dengan sudah memiliki asuransi dan BPJS, maka keberadaan dana darurat buakan suatu hal yang harus dimiliki. Padahal dalam pelaksanaannya, adanya dana darurat juga sangat penting.

Berikut 7 alasan mengapa kepemilikan dana darurat adalah keharusan, walau kita sudah memiliki asuransi dan BPJS:

1. Kita tidak pernah tahu kapan musibah itu terjadi

Musibah dapat terjadi kapan saja dan tidak bisa terencana. Untuk itu keberadaan dana darurat bisa mendukung secara financial hal-hal yang tidak terduga, terutama akibat terjadinya musibah. Mungkin ada kecelakaan yang menyebabkan rusaknya kendaraan, mungkin ada keluarga yang mengalami kemalangan sehingga membutuhkan bantuan dana. Mobil mungkin bisa digantikan oleh asuransi, namun untuk sementara mungkin ada hal-hal yang harus kita tangani terlebih dahulu.

2. Dana darurat bersifat liquid, jadi sangat mudah untuk dicairkan

Dana darurat sebaiknya ditaruh dalam tabungan yang terpisah, sehingga tetap bersifat liquid dan dapat kita kita ambil sewaktu-waktu. Bisa juga kita letakkan dalam bentuk logam mulia, namun bukan perhiasan. Pastikan kepemilikan dana darurat adalah yang memiliki kemudahan dalam pencairan, sehingga bukan diletakkan ke dalam instrument investasi yang butuh waktu beberapa hari untuk cair.

3. Kita tidak pernah tahu kapan bencana alam itu datang

Bencana alam yang tiba-tiba datang akan membuat suatu Negara lumpuh. Walaupun kita tidak mengalami pemutusan kerja, namun terhentinya aktifitas suatu daerah akibat terjadinya bencana alam, akan memakan waktu untuk pemulihan. Oleh sebab itu dana darurat menjadi penting, karena selain sifatnya yang liquid, dana darurat juga akan memberikan kita rasa aman dan nyaman serta tidak khawatir lagi apabila harus ada pengeluaran yang tidak terduga.

4. Mengganti dana pengeluaran yang dibutuhkan pada saat kita kehilangan pekerjaan

Mungkin kita mengalami kemalangan dengan pemutusan kerja. Untuk itu, kita akan kehilangan sumber pendapatan, sebelum mendapatkan pekerjaan baru. Oleh sebab itu kepemilikan dana darurat dapat membantu kita dalam mengatasi hal ini.

5. Tidak semua dana kesakitan diganti oleh asuransi dan BPJS

Pada saat kita sakit, tentu segala macam bentuk pengeluaran akan dicover oleh asuransi dan BPJS. Namun, akan ada pengeluaran-pengeluaran lain yang tidak dicover oleh asuransi atau BPJS. Misalnya saja pengeluaran untuk transportasi, ke dan dari rumah sakit, beberapa biaya rawat jalan, dan semua pengeluaran yang mungkin terjadi selama kita sakit.

Apalagi kalau kita mengalami kesakitan yang menyebabkan tidak adanya pendapatan, maka dana darurat akan mampu mengganti dana yang dibutuhkan untuk pengeluaran ini.

6. Uang sekolah anak dan pengeluaran bulanan aman

Salah satu hal yang mengkhawatirkan ketika kita sedang tidak memiliki pendapatan adalah tagihan yang tidak bisa menunggu sampai kita memiliki pekerjaan lagi. Dengan memiliki dana darurat, maka tidak hanya tagihan yang bisa tetap kita atasi, namun juga uang sekolah anak yang penting. Oleh sebab itu penting sekali menjaga keamanan dana sekolah anak dengan dana darurat, kalau ternyata terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang mengakibatkan terputuskan atau terhentinya pendapatan.

foto sumber: trus-insuranceandservices.com

7. Perlindungan terhadap investasi yang sudah Anda lakukan

Sebelum melakukan investasi, penting bagi kita untuk memiliki dana darurat. Dana darurat ini ternyata juga bisa berperan untuk melindungi investasi yang sudah kita lakukan. Bayangkan tanpa adanya dana darurat, dan kita mengalami kesulitan-kesulitan yang tidak terduga timbul, sehingga mengakibatkan kita terpaksa harus menjual asset atau investasi yang kita miliki. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk tetap memiliki dana darurat, karena selain melindungi diri kita terhadap tagihan yang terus berjalan, juga dapat melindungi ita dari kemungkinan kehilangan asset.

Sebenarnya ada banyak hal penting lain yang menunjukkan bahwa keberadaan dana darurat adalah wajib hukumnya, Karena kita tidak akan pernah tahu apa atau siapa yang akan kita selamatkan, dengan dana darurat yang kita miliki ini. Lagipula. Sebagian besar masalah kesakitan seseorang adalah karena masalah financial. Untuk itu, kalau kita memiliki keadaan financial yang sehat, terencana dan ada dana darurat yang siap melindungi, maka kehidupan yang lebih baik bisa kita ciptakan.

Leave A Response »