Investasi Berbasis Syariah Dari Pemerintah, Apa Sajakah Kelebihan Sukuk Ritel SR010 Yang Ditawarkan Pemerintah ini?

yangpunya March 13, 2018 0

Jumat lalu, tanggal 23 Februari 2018 Pemerintah secara resmi menawarkan Sukuk Ritel 010 atau SR-010 sebagai salah satu bentuk obligasi berbasis syariah dari pemerintah, yang aman karena dijamin 100% oleh pemerintah, dan dinyatakan sesuai syariah oleh Majelis Ulama Indonesia.

Adapun tujuan utama pemerintah kembali menawarkan Sukuk Ritel 010 adalah untuk membiayai percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Dana hasil penerbitan Sukuk Ritel 010 akan digunakan untuk membiayai pembangunan jalan, jembatan, bendungan, irigasi, asrama haji, KUA, sarana pendidikan tinggi, dan lain-lain.

Berikut hasil pembangunan yang pembiayaannya dari Sukuk Negara:

  1. Pembangunan Jalur Kereta Double Track Cirebon Kroya, dibiayai dari Sukuk Negara T.A 2013-2014
  2. Pembangunan Asrama Haji Medan, dibiayai dari Sukuk Negara T.A 2014
  3. Jalan Bebas Hambatan (Tol) ruas Solo-Kertosono yang saat ini sedang dibangun pemerintah dan akan rampung pada 2018
  4. Pembangunan Underpass Simpang Mandai Makassar, dibiayai dari Sukuk Negara T.A 2015-2017

Apakah kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Sukuk Ritel 010 dibandingkan dengan instrument investasi yang lain?

  1. Akad : Ijarah Asset to be leased, artinya akad akan diberlangsungkan pada saat tanggal penerbitan, dan dana yang didapat akan dipergunakan untuk pembangunan yang bangunannya sudah ada, atau sedang berjalan. Jadi ada bentuk fisik yang bisa dipertanggungjawabkan.
  2. Underlying asset : adalah obyek yang menjadi dasar transaksi penerbitan sukuk. Prinsip keuangan syariah mengharuskan adanya underliying assetuntuk menghindari terjadinya transaksi ‘money for money’ yang dapat dikategorikan sebagai riba. Untuk Sukuk 010 ini, underlying asset yang dipergunakan adalah Proyek/Kegiatan APBN tahun 2018 dan Barang milik Negara.
  3. Tanggal penerbitan adalah tgl 21 Maret 2018 dan tanggal jatuh tempo adalah tgl 10 Maret 2018 atau tenor 3 tahun. Jadi Sukuk ini sangat cocok untuk investasi jangka pendek 1-3 tahun.
  4. Tingkat imbalan sebesar 5,9% per tahun dengan pajak sebesar 15% per tahun, atau lebih kecil daripada pakaj bunga deposito yaitu sebesar 20% per tahun.
  5. Pembayaran imbalan adalah setiap tgl 10 setiap bulannya, jadi untuk mereka yang menginginkan hasil bulanan, pemilihan instrument investasi ini sangat cocok.
  6. Minimum pemesanan adalah sebesar Rp. 5 juta, dan maksimum pemesanan adalah sebesar Rp. 5 milyar. Atau dengan kata lain, dananya masih terjangkau.
  7. Dan apabila ingin diperdagangkan kembali di pasar sekunder, mana Sukuk 010 ini dapat diperdagangkan kembali setelah 1 (satu) periode pembayaran atau setelah tgl 10 April 2018.

 

Selain itu, berinvestasi di Sukuk ritel ini bersifat aman, karena dijamin 100% oleh Negara, sehingga kita tidak usah takut akan kesulitan untuk menjualnya kembali, karena Negara sudah menjamin pembayaran kembali Sukuk ini. Ditambah lagi dengan Majelis Ulama Indonesia selaku Dewan Syariah Nasional, sudah menyatakan kalau Sukuk Ritel SR010 ini sesuai dengan syariah. Jadi bersifat halal.

Bagi Anda yang ingin memiliki Sukuk Ritel SR010 ini, dengan membawa KTP, Anda dapat menghubungi 22 agen penjual yang telah ditunjuk yaitu Bank BRI Syariah, Bank Central Asia, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, Bank DBS Indonesia, Bank HSBC Indonesia, Bank Mandiri, Bank Maybank Indonesia, Bank Mega, Bank Muamalat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank OCBS NISP, Bank Panin, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank Tabungan Negaram CIMB Niaga, Citibank N.A Indonesia, MNC Sekuritas, Trimegah Sekuritas dan Standard Chartered Bank.

Leave A Response »