Kolaborasi Arkana dengan Phillips Sekuritas, sekarang kamu bisa beli reksadana langsung tanpa ribet melalui open API

yangpunya June 1, 2019 0

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan ke saya adalah: bagaimana sih caranya beli saham? Bagaimana sih caranya beli reksadana? Dan kemudian saya harus menjelaskan ulang tentang sekuritas, dan manager investasi, yang sering berujung pada “kehilangan moment.”

Apalagi, manager investasi dengan sekuritas belum tentu memiliki perhitungan alogaritma sendiri yang bisa membantu perencanaan keuangan. Sehingga nggak heran kalau selama ini saya harus menghitung manual kebutuhan perencanaan keuangan, mulai dari menghitung tujuan keuangan, kemampuan berinvestasi, sampai pada pemilihan reksadana atau saham.

The trouble ngga berhenti sampai di sini, karena saya kemudian mesti menjelaskan satu per satu tentang reksadana atau saham pilihan, dan membantu klien atau temen yang meminta nasehat keuangan untuk membuka akun sekuritas.

Iyes, ada tingkatan yang mesti dilalui, yang nggak jarang ribet banget.

Tapi, dengan sistem dari aplikasi Arkana yang sudah open API dengan Phillip Sekuritas, maka keribetannya berkurang banyak loh. Dengan simple sekarang kalau ada yang nanya beli reksadana atau saham bagaimana, saya bisa bilang,”Download aplikasi Arkana saja!” nyengir gede.

Jadi, apa sih keistimewaan open API ini sehingga kolaborasi antara Arkana Finance dan Phillip Sekuritas menjadi sesuatu yang wow banget bahkan bisa dibilang ground breaking?

Afief Helmi Ba’asyir, CTO Arkana menjelaskan tentang Open API di acara Aftech, Jumat 24 Mei 2019

Open API membantu perusahaan meningkatkan competitive advantages pada era digitalsiasi saat ini, dengan mempercepat kolaborasi. Sebenarnya open API merupakan API yang tersedia secara publik sehingga perusahaan dapat saling terintegrasi tanpa investasi infrastruktur yang kompleks. Kalau selama ini misalnya, kita memiliki aplikasi perencana keuangan, tapi kemudian setelah mendapat rekomendasi dan lain-lain, kita bingung di mana dan bagaimana membeli reksadana dan saham, maka open API ini yang menjembatani hal tersebut,” ujar Afief Helmi Ba’asyir, selaku Chief Technical Officer Arkana.

Atau dengan kata lain, kalau dulu ada aplikasi perencana keuangan kita mesti ngitung sendiri, download appsnya sendiri, dan download aplikasi sekuritasnya juga sendiri, sekarang dari aplikasi Arkana kamu udah bisa membeli reksadana dan saham yang diperjualbelikan di Phillip Sekuritas.

Semata karena aplikasi Arkana udah integrated alias ada si open API ini, sehingga nggak perlu ribet lagi untuk mengunduh banyak aplikasi hanya untuk membeli reksadana dan saham, karena semuanya udah ada di satu aplikasi yaitu aplikasi Arkana.

Dan kerennya lagi, pilihan instrumen investasi kamu perkembangannya udah bisa dimonitor langsung dari aplikasi Arkana, sehingga apabila sudah profit, atau sedang mengalami penurunan, sudah mencapai target, perlu ditambah, reminder untuk invest dan lain-lain, sudah bisa dilihat dan dilakukan oleh satu aplikasi Arkana.

Afief Helmi Ba’asyir, CTO Arkana, menjelaskan tentang open API antara Arkana dengan Phillip Sekuritas

“Tidak dapat dihindari, kolaborasi adalah kata kunci bagi fintech dan institusi keuangan. Hadirnya openAPI menjadi jembatan bagi perusahaan fintech untuk memberikan layanan investasi terintegrasi. Kini nasabah dapat menikmati investment journey yang cukup dari aplikasi yang disediakan perusahaan fintech,” kata Idah Tjung, Direktur IT PT Phillip Sekuritas Indonesia. “Dan dalam kesempatan ini juga kita membuka peluang kerjasama dengan perusahaan fintech manapun untuk berkolaborasi dengan kita.”

Sebagai generasi millenial tentunya kamu pengen banget semuanya serba mudah. Apalagi dengan tehnologi digital yang terus berkembang, ditambah kesadaran investasi yang makin meluas, maka tentunya memang kita butuh banget aplikasi fintech yang berkolaborasi dengan sekuritas dan manager investasi lain, yang intinya bisa mempermudah banget buat kamu berinvestasi, milih instrumen investasinya, dan melalui prosesi yang bebas ribet.

Nah apa lagi yang bisa memenuhi semua itu kalau bukan aplikasi Arkana? Download aplikasi Arkana kamu di Google playstore saat ini, agar kamu bisa menikmati perencanaan keuangan digital yang sudah terintegrasi dengan open API-nya, sehingga kamu bisa membeli langsung reksadana dan saham tanpa ribet dari Phillip Sekuritas.

Happy investing!

Karena investasi ga harus ribet.

Fioney Sofyan, Chief Product Officer Arkana Finance

Leave A Response »