Mengapa Kita akan Selalu Membutuhkan Asuransi? Inilah 9 Alasannya

administrator November 9, 2016 0

Di era millenial seperti sekarang ini, ternyata kesadaran akan pentingnya asuransi ternyata masih sangat minim. Bahkan pengadaan BPJS masih belum tepat sasaran dan masih banyak pula salah kaprah yang terjadi di lapangan mengenai penggunaan BPJS ini.

Kebanyakan di antara kita malah melihat kewajiban untuk membayar asuransi ini masih sebagai beban yang mahal, dan bahkan banyak yang bingung karena merasa telah ‘menyetor’ sekian banyak untuk membayar premi asuransi, namun kok ternyata ‘nilai tunai’ yang diterima dirasakan tidak sesuai.

Jadi sebenarnya, apa sih asuransi itu? Dan kenapa kita akan selalu membutuhkannya?

Dalam pasal 246 KUHD disebutkan:

Asuransi adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seseorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.

Atau dengan kata lain, pengertian sederhana dari asuransi adalah usaha kita untuk melindungi diri kita dan keluarga kita, atau harta benda kita dari kemungkinan kerugian-kerugian yang mungkin timbul dari pihak kedua, pihak ketiga, atau hal-hal lain yang menyebabkan hilangnya harta benda atau jiwa.

apa

Perlu diingat, bahwa asuransi adalah proteksi, bukan investasi. Atau perlu dipahami bahwa sebenarnya nilai tunai yang ada adalah sebagai hasil dari premi yang disisihkan kalau kita membeli tambahan unitlink. Jadi karena niatan awal sebenarnya kalau asuransi ini adalah untuk memproteksi, baiknya sih jangan terlalu berharap pada nilai tunai yang ada kalaaauuu kita atau pemegang polis masih hidup. Tapi fokuslah pada uang pertanggungan yang mungkin diterima oleh ahli waris, kalau terjadi apa-apa sama kita.

Jadi apa sih sebenarnya manfaat dan alasan kenapa kita membutuhkan asuransi?

l. Karena posisi kita tidak tergantikan dalam keluarga

Tidak ada yang bisa menggantikan kita. Ini jelas banget dan nggak perlu penjelasan lebih lanjut. Namun kalau kita tidak ada, apa yang terjadi pada keluarga kita? Bukankah lebih baik kita menyediakan rencana agar setidaknya apapun yang terjadi pada kita, rencana ke depan yang menyangkut hidup keluarga kita tetap berjalan baik?

2. Karena kita adalah tulang punggung keluarga

Bayangkan kalau terjadi apa-apa dengan kita yang menyebabkan putusnya penghasilan. Misal karena kita sakit atau cedera. Akan sanagt menyenangkan kalau dalam kondisi kita sakit sekalipun, kita nggak usah khawatir akan biaya yang mungkin harus kita keluarkan, atau bagaimana keluarga kita yang menunggui kita. Intinya, kita nggak usah khawatir dengan biaya.

3. Karena masih banyak yang bergantung pada kita

Tidak semua keluarga memiliki double income, tapi tidak semua keluarga juga akan membiarkan pasangannya bekerja kalau income mereka mencukupi. Apalagi kalau ternyata income tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang. Dan kalau income tersebut terhenti, apakah proteksi atau pencegahan yang sudah kita lakukan cukup?

4. Karena kita ingin melindungi keluarga kita

Ide awal dari asuransi adalah untuk melindungi orang-orang yang kita cintai. Yaitu sikap yang tidak egois karena semata kita ingin melindungi keluarga, kalau terjadi apa-apa dengan kita, atau harta benda yang kita miliki. Misal karena kecelakaan, kebakaran, dan lain-lain, asuransi bisa jadi penyelamat yang tidak terduga.

5. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati

Bayangkan apabila terjadi kemalangan. Mungkin tanpa asuransi yang kita miliki, kerugian yang timbul bisa berpuluh kali lipat daripada kalau tidak kita asuransikan.

curtismillerinsresize

6. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok atau menit berikutnya

Musibah bisa datang kapan saja, dan tidak terduga. Apa sajakah yang sudah kita persiapkan untuk mengantisipasi hal ini?

7. Karena kita ingin melindungi diri kita sendiri dari kekhawatiran-kekhawatiran

Harta benda memang bukan segalanya, namun butuh kerja keras dan perjuangan yang tidak mudah bagi kita untuk mendapatkannya. Tidak ada salahnya juga bukan kita melakukan sesuatu untuk melindungi apa yang kita anggap berharga? Baik kesehatan, maupun harta benda, apapun yang berharga, setidaknya bisa membuat kita menjadi tidak terlalu khawatir karena semuanya sudah dilindungi.

8. Karena kita ingin meringankan beban siapapun kalau sampai terjadi apa-apa

Bayangkan kalau kita sakit. Bisa jadi ada beban yang timbul, baik dari segi biaya atau mereka yang harus menunggui kita, dan lagi kekhawatiran akan terputusnya income kalau ternyata sakitnya kita membuta kita tidak bisa bekerja di mana pendapatan kita sangat tergantung pada kehadiran kita atau aktivitas kita. Nah kalau sudah begini, apa yang bisa kita lakukan?

9. Mengurangi kerugian atau beban yang mungkin timbul apabila kita tidak memiliki asuransi

Asuransi ada berbagai macam, ada asuransi kendaraan, rumah, harta benda, kesehatan, jiwa. Pilih deh. Kalau kita sakit biaya rumah sakit berapa tanpa asuransi? Kalau rumah kita kebakaran berapa harta benta kita yang habis ludes tanpa asuransi? Kalau kendaraan yang kita miliki tidak diasuransi, mampukah kita membeli kendaraan lagi atau membayar kemungkinan kerusakan yang terjadi misalnya akibat pihak kedua atau ketiga?

Apapun itu, ide awal dari asuransi adalah untuk melindungi, terutapa untuk melindungi kita dari kekhawatiran-kekhawatiran. an terutama, untuk melindungi orang-orang tersayang kalau terjadi apa-apa dengan kita.

Jadi penting bagi kita untuk memahami dari awal tujuannya apa dan asuransi yang bagaimanakah yang kita butuhkan? Jangan malah terimingi hasil imbal balik yang besar, karena asuransi bukan investasi, namun proteksi.

Life insurance concept. Cloud tags over blue background.

Foto sumber: mambo.com

Be prepare won’t hurt, not prepared that’s definitely hurt.

Sekian artikel dari saya. Bila ada pertanyaan atau ingin berkonsultasi langsung dengan penulis, anda dapat mention penulis via twitter di @fioneysofyan atau bisa mengirimkan email ke admin@fioneysofyan.com

Leave A Response »